Wednesday, November 28, 2012

Harvest Moon Innocent Life


Pada tanggal 12 Febuari 2008, Pertama kali Natsume merilis game Innocent Life: A Futuristic of Harvest Moon Special Edition (versi Inggris) untuk console PS2.
Bagi penggemar Harvest Moon pasti sudah pada tahu tentang HM yang satu ini kan?
Apa?! Belum tahu? Sungguh terlalu...
Baiklah kalau begitu, sesuai dengan judul posting ini, kali ini aku akan membahas tentang HM Innocent Life.
Monggo disimak bersama - sama...


Harvest Moon Innocent Life ini benar-benar berbeda dari Harvest Moon yang lain. Biasanya Harvest Moon itu selalu menceritakan seorang pemuda dengan latar yang sederhana lalu mendadak dapat lahan pertanian dan sebagainya dan sebagainya. Sedangkan, Innocent Life itu bersetting di zaman modern tepatnya di tahun 2022, di mana pada masa itu hampir semua teknologi dibuat secara modern. Kamu juga bukanlah pemuda biasa tapi sebuah android atau robot super canggih dan harus mempelajari sifat - sifat manusia agar dapat menyesuaikan diri dan lebih 'manusiawi', bercocok tanam, beternak dan lain-lain.

Dikarenakan manusia sudah lupa akan alam dan tenggelam oleh teknologi, akhirnya Sprite Api marah dan memberikan sebuah kutukan pada manusia yang menyebabkan gunung berapi akan meletus dan akan menghancurkan seisi pulau tersebut dalam satu atau dua tahun.

Sayangnya tak seorangpun yang bisa dan berani membuka segel kutukan itu di sebuah pulau kuno. Disaat yang sama, Dr. Hope menciptakan sebuah android (Char kamu). Tujuan utama Dr. Hope adalah agar kamu bisa menyelamatkan pulau Heartflame dengan membuka segel kutukan itu.

Keunggulan pada game ini terletak pada tantangan yang tergolong sulit yang mengharuskan kita menjelajah ke seluruh pulau dan mencari item-item tersembunyi. Apalagi, tempat di Innocent Life benar-benar luas, lebih luas dari Harvest Moon  apapun yang pernah dibuat sebelumnya. Karenanya, pada Innocent Life diberikan fitur-fitur yang dapat memudahkan gamers dalam bercocok tanam maupun beternak, sehingga menghemat waktumu ketika melakukan penjelajahan.

Saat pertama memainkan game ini, kamu akan diberi sebuah rumah yang cukup besar yaitu Easter Ruins. Bentuknya tidak bisa dibilang rumah lebih mirip reruntuhan kuno dengan beberapa teknologi canggih. Tetangga terdekatmu adalah Franco dan Moonlight. Franco tinggal di bagian bawah Ruins pintu sebelah kiri, sedangkan Moonlight tinggal di pintu sebelah kanan. Terdapat empat lantai di ruins, yaitu:

  1. Entrance Ruins
    Lantai paling dasar rumahmu. Tidak ada apa-apa disini. Di belakangnya terdapat pintu merah yang hanya bisa dibuka jika kamu sudah membuka ladang berjewel merah. Ditengah terdapat lift untuk menuju ke atas. Di bagian luar ada pintu menuju rumah Franco dan Moonlight. Tempat membeli bibit jarak jauh (pintu permata biru) dan dua tempat terkunci (pintu permata orange)

  2. Storage Area
  3. Disini terdapat tempat penyimpanan bibit, tempat sampah, dan shiping pod/ bin untuk menjual hasil pertanian dan ternak. Selebihnya adalah ruang kosong yang benar - benar luas. Di bagian barat terdapat pintu biru yang di dalamnya terdapat kandang domba. Sedangkan di sebelah timur, terdapat pintu biru yang berisi kandang sapi dan ayam. Pintu biru tersebut hanya dapat terbuka setelah membuka ladang berjewel biru. 
    Di luar kandang sapi dan ayam, ada dua kolam yang mengandung roh air. Air ini dapat membantu tanamanmu untuk tumbuh lebih cepat dan sangat diperlukan untuk membuat lahan yang ber-es mencair ketika musim dingin.

  4. Your Room
  5. Inilah kamarmu. Disini terdapat barang-barang yang cukup penting, diantaranya:

    - Tempat tidur
       Ada dua pilihan ketika kamu memutuskan untuk tidur, yaitu tidur tanpa save atau tidur dengan save. Jika kamu tidur sebelum jam 9 malam kamu dapat memilih untuk bangun lebih awal atau bangun seperti biasa.

    - Saluran tempat penyimpanan barang
       Jelas fungsinya untuk menyimpan barang mu di storage.

    - Rumah Anjing
       Rumah untuk anjingmu, ia akan ada ketika malam hari dan ketika turun hujan.

    - Dapur
      Tanpa perlu memiliki bahan - bahan untuk memasak kamu sudah bisa memasak. Cukup nyalakan TV dan menonton cooking life channel setiap minggunya, lalu kamu bisa memasak masakan baru setiap minggunya berdasarkan cara memasak di TV. Ada 10 cara memasak yang bisa kamu pelajari, 
    drinks, cutting, cutting (advance), boiling, cutting drinks, boiling (advance), grilling, grilling (advance), oven baked dishes, dan oven baked treats.

    - Televisi
       Jika kamu menyalakan TV maka akan ada beberapa chanel, yaitu:
       a.  Weather News Chanel, untuk mengetahui ramalan cuaca besok
       b.  Herbal Garden Chanel, untuk memanen dan menjual tanaman bunga dan herbal yang kamu tanam dan belajar tentang tanaman bunga dan herbal.
       c.  Cooking Life Chanel,  belajar memasak akan ada cara memasak baru setiap minggunya.
       d.  Drama Chanel, menayangkan drama kucing yang mencari ibunya.
       e.  Anime Chanel, menayangkan petualangan seru alien yang berada di bumi.
       f.  World Ranch Chanel, untuk membeli atau menjual hewan-hewan ternak, juga mempelajari  tentang beternak 

    - Kamar mandi
       Hanya kamar mandi yang tak bisa digunakan tidak berguna.

    - Meja dan kursi
      Sebenarnya tidak berguna juga, tapi kamu akan memakainya untuk duduk dan memakan hasil masakanmu ketika selesai memasak.

    - Kulkas
      Barang tak berguna lainnya, kau bisa membukanya tapi kau akan langsung menutupnya...

  6. Your Field
  7. Kebunmu berada di tingkat paling atas (atau atap(?)) rumahmu. Dan kebunmu amat sangat benar-benar luas. Tapi tenang, pada tanggal 35 spring di tahun pertama kamu akan mendapat robot pembantu yang dapat menyiram, mengambil hasil kayu dan batu, dan mengambil rumput liar. Robot ini cukup membantu walaupun tidak bisa memanen tanaman.
    Disini juga terdapat saluran tempat penyimpanan dan kandang anjingmu. Ada satu tempat (menyala hijau) untuk memasukkan hasil tanaman dan satu tempat (menyala biru) untuk hasil kayu dan batu.
    Saat awal permainan, kamu hanya bisa menanam di satu petak tanah. Namun, kamu bisa menambahnya dengan cara memasang 4 jewel dengan warna yang sama di petak tanah lainnya. Kemudian tidurlah dan keesokan hari petak tanah itu akan bisa ditanami.
Tujuan dari Harvest Moon kali ini adalah menyelamatkan pulau dari letusan gunung berapi, dengan cara membuka segel kutukan itu disebuah pulau kuno yang sudah lama tidak terjamah tangan manusia. Jika tidak, seisi pulau akan hancur karena letusan gunung berapi di pulau tersebut.


Meskipun banyak diantara Harvest Moon Lovers yang kecewa akan game ini dan menganggapnya produk gagal, sebenarnya mereka salah besar. Padahal game ini benar-benar bagus dengan kualitas grafis yang baik dan futuritik, dan adanya fitur-fitur yang belum pernah ada di Harvest Moon yang lain dengan sentuhan RPG.

2 comments:

Silahkan berkomentar asal sopan ^^d