Saturday, December 1, 2012

Perbedaan HM innocent life PSP dan PS2

Innocent Life: A Futuristic Harvest Moon adalah game harvest moon pertama untuk PSP yang rilis pertama kali pada 27 Mei 2006 di Jepang. Lalu disusul versi special-edition untuk konsol PS2. Lalu apa perbedaan dari keduanya?

Seperti yang sudah kita ketahui, HM innocent life tidak lah seperti Harvest Moon biasa yang serba sederhana tapi ada beberapa kelebihan seperti: adanya robot pembantu yang membantu kita berkebun, tidak perlu memberi pakan ternak, memiliki banyak hewan peliharaan (2 kucing dan 1 anjing), adanya motor ATV yang membantu kita menjelajah pulau, ada fitur quick save, ladang sangat luas, cepat kaya, peralatan yang digunakan sangat unik (misalnya penyiram level 3 dapat menyiram berpuluh-puluh petak tanah sekaligus), kaya akan hasil alam dan masih banyak lagi.
Sedangkan kekurangannya terbilang sangat sedikit, yaitu character tidak ditampilkan saat kita bicara pada mereka, musik yang sedikit bikin ngantuk (?), dan butuh waktu lama untuk menjelajahi seluruh pulau saking luasnya, serta letak jewel yang sedikit membingungkan.

Sebenarnya, tidak ada perubahan yang mencolok pada PS2, dan hanya ditambahkan beberapa item, tempat jewel yang berbeda, ditambahkan event, dan lain-lain. Berikut adalah perbedaannya:

Di PS2, Liberta akan memberikanmu dictionary yang berfungsi mencatat hal-hal penting selama game berlangsung. Setiap pergantian musim dia akan menambahkan kata-kata pada kamus itu saat kamu berhasil menyelesaikan 1 tugas (Kamu harus selalu bawa kamus itu!) waktu sudah menyelesaikan 1 tugas (pas pergantian musim atau saat musim itu juga) bawa kamus itu ke Liberta. Selesaikan semua tugasnya dalam waktu maksimal 2 tahun.
Cara menyelesaikannya dapat dilihat disini
 
Di PS2 Style fonts nya lebih bagus.

Di PS2, jika kamu berteman pada Becky, pada musim Autumn dia akan menunjukkanmu sebuah buku cerita untuk kau baca (kamu harus bawa kamus liberta). Setelah itu tidurlah (lalu kamu akan bermimpi) kau dibangunkan oleh Becky dan di mimpi itu kamu adalah suami Becky. Dia mengajakmu ke ladang dan melihat salju turun pada musim summer dan white rose yang tumbuh di ladangmu. Ketika mimpi ini berakhir, akan ada tulisan yang menunjukkan kalau semua itu tadi hanyalah mimpi.

Di PSP, kamu akan diberi tantangan memanen 1000 crops dalam 2 tahun. Sedangkan di PS2 kamu diberikan tantangan 5000 crops dalam 1 tahun.

Tempat jewel di PSP dan PS2 sedikit berbeda. Namun total jewel yang ada tetap sama. 

Jadi pilih main yang mana?
Apapun pilihanmu mainnya tetap Harvest Moon ya... XD

1 comment:

Silahkan berkomentar asal sopan ^^d